Panduan Memilih Peralatan Memasak

Panduan Memilih Peralatan Memasak

 

Ada berbagai peralatan memasak yang tak terbatas. Ada yang perlu, ada yang tidak. Lebih rumit lagi, beberapa peralatan masak yang tidak perlu masih bisa membuat waktu Anda di dapur lebih mudah, lebih menyenangkan, dan lebih produktif. Beberapa peralatan dirancang untuk tujuan yang sangat spesifik, untuk melakukan satu pekerjaan tertentu di dapur, sementara yang lain untuk tujuan yang lebih umum, alat all-in-one.

Panduan Memilih Peralatan Memasak

Langkah pertama masakan apa yang Anda sukai

Anda adalah mencari tahu jenis masakan apa yang Anda sukai. Ini akan menginformasikan pilihan peralatan memasak Anda. Jika Anda lebih suka memanggang, Anda akan membutuhkan seperangkat peralatan masak yang sama sekali berbeda daripada jika Anda lebih suka memasak tumis Asia. Setelah Anda memutuskan ini, Anda dapat membuat daftar jenis peralatan yang Anda perlukan.

memasak harus menginformasikan peralatan masak

Sama seperti cara Anda memasak harus menginformasikan peralatan masak yang Anda pilih, demikian juga harus mempertimbangkan apa yang akan bekerja dengan peralatan masak Anda. Permukaan memasak yang berbeda membutuhkan peralatan yang berbeda. Misalnya, jika Anda menggunakan penggorengan, Anda membutuhkan spatula. Jika Anda menggunakan wajan antilengket, Anda membutuhkan spatula yang cukup lembut agar tidak menggores permukaan memasak yang sangat penting. Jadi ketika memilih bahan masakan, bahan adalah kuncinya.

 

Bahan yang paling umum

untuk peralatan memasak adalah kayu, baja tahan karat, dan plastik. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan. Seperti panci dan wajan, Anda dapat membeli peralatan masak dalam set jika diinginkan, atau Anda dapat membeli peralatan masak satu per satu.

Kayu adalah pilihan tradisional yang populer untuk beberapa peralatan, seperti sendok dan spatula. Salah satu keunggulan kayu yang berbeda adalah tidak akan menggores permukaan memasak yang paling halus sekalipun. Keuntungan lain dari kayu sebagai bahan untuk peralatan makan adalah tidak menghantarkan panas. Kayu juga sangat tahan lama dan tidak akan meleleh, bahkan dalam wajan tanpa pengawasan.

Kerugian dari peralatan masak kayu

adalah lebih sulit dibersihkan daripada peralatan masak stainless steel atau plastik. Selain itu, jika digunakan dalam sup dan saus, sup atau saus dapat menembus kayu, sehingga peralatan kayu harus diganti. Juga, jika Anda membeli kayu, pastikan Anda membeli peralatan yang diperlakukan untuk menghambat pertumbuhan bakteri, karena kayu cenderung menjadi lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri.

Panduan Memilih Peralatan Memasak

Peralatan memasak stainless steel

sejauh ini paling tidak memungkinkan bakteri berkembang biak, dan sejauh ini merupakan peralatan memasak yang paling mudah dibersihkan. Mereka menarik untuk dilihat, dan tersedia dengan berbagai macam gaya pegangan dan kepala alat.

Kelemahan dari peralatan masak stainless steel, bagaimanapun, adalah bahwa mereka dapat menggores panci antilengket atau besi cor. Bahkan jika Anda sangat berhati-hati, Anda berisiko merusak permukaan memasak yang sangat penting, karena baja tahan karat biasanya lebih keras daripada besi tuang atau bahan yang digunakan untuk peralatan masak antilengket.

Peralatan plastik

dibuat secara tegas untuk menghindari goresan pada permukaan panci antilengket atau besi cor, dan cenderung mudah dibersihkan. Itulah kabar baiknya. Plastik, bagaimanapun, memiliki kelemahan. Peralatan masak plastik tidak tahan terhadap panas seperti kayu atau logam, dan bisa meleleh jika dibiarkan dalam panci panas tanpa pengawasan. Itu paling-paling sulit dibersihkan, dan paling buruk, merusak panci. Selain itu, jika peralatan plastik meleleh, dapat mencemari makanan yang dilelehkannya.